Rentan Pencurian Data, Catat Bahayanya Menggunakan VPN Gratis

LifestyleTeknoRentan Pencurian Data, Catat Bahayanya Menggunakan VPN Gratis

Jaringan pribadi virtual (VPN) adalah solusi untuk membuka blokir situs web yang diblokir oleh pemerintah Ada dua varian layanan VPN: gratis dan berbayar.

Bagi mereka yang tidak tahu, VPN adalah koneksi pribadi antar jaringan, dibuat melalui jaringan publik dan memungkinkan pertukaran sumber daya pribadi. Ternyata menggunakan VPN tidak seaman yang kita kira.

Bahaya Menggunakan Aplikasi VPN

Penasaran tentang bahaya dari penggunaan aplikasi VPN gratis? Berikutnya adalah bahaya yang harus Anda pertimbangkan saat menggunakan aplikasi VPN gratis.

Data Penjualan

Bahaya pertama menggunakan VPN adalah adanya risiko penjualan data secara ilegal. Tetapi bahasa ini bisa dihindari jika Anda menggunakan versi berbayar. Pasalnya penyedia layanan VPN berbayar menerapkan aturan yang ketat kepada pengguna dibandingkan versi gratis.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan VPN versi gratis, Anda harus mempertimbangkan kembali risiko yang ada. Terutama soal pencurian data yang cukup marak terjadi.

IP Yang digunakan sebagai titik akhir jaringan (Endpoint)

Saat kita menggunakan VPN, biasanya kita merasa koneksi internet sedikit lebih lambat dari biasanya. Ini adalah salah satu bahaya yang harus diwaspadai, karena penyedia layanan membatasi jumlah data yang dapat Anda gunakan.

Selain itu, beberapa batasan bandwidth Internet dianggap menggunakan alamat IP PC atau komputer Anda sebagai titik akhir jaringan. Praktik terminal jaringan tergolong menjual bandwidth.

Dalam hal ini, penyedia layanan akan memindahkan lebih banyak bandwidth kepada pengguna yang dianggap lebih menguntungkan

Cara Pindahkan Obrolan (Chatting) dari WhatsApp (WA) ke Telegram Tanpa Kehilangan Apapun

Telegram memudahkan untuk mentransfer obrolan antara Whatsapp (WA) dan Telegram, baik Anda ingin menyimpan semua percakapan sebagai cadangan atau ingin meninggalkan Whatsapp secara permanen. WhatsApp...

Risiko Serangan Man-in-the-middle

Ada lagi risiko lain yang mungkin Anda hadapi dengan VPN gratis yakni serangan man-in-the-middle. Metode ini merupakan serangan terhadap sistem komputer yang sedang berkomunikasi satu sama lain

Ini adalah salah satu metode peretasan yang mematikan. Karena model ini menempatkan hacker di tengah jalur komunikasi. Terutama untuk membaca, membajak dan mencuri data, bahkan menyuntikkannya dalam bentuk malware.

Pengungkapan data dan alamat IP

VPN gratis juga rentan mengalami kebocoran data dan alamat IP. Ini menjadi masalah utama saat menggunakan VPN gratis. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh CSIRO, sekitar 84% VPN gratis secara terbuka membuka IPv6 bagi penggunanya.

Selain itu, 60% dari mereka membocorkan permintaan DNS, memperlihatkan riwayat penelusuran dan lokasi browser.

Apakah kini Anda tahu konsekuensinya dari penggunaan VPN gratis? Serangan hacker dan malware menjadi rentan dan mengancam data Anda.

Serangan Adware

Dengan menggunakan VPN gratis, kita bisa membuka semua jenis website yang diblokir pemerintah. Tentu bagi sebagian orang hal ini sangat membantu. Tapi ada harga berupa ancaman serangan adware yang kadang tidak kita ketahui, seperti iklan yang mengganggu.

Jika menggunakan aplikasi VPN gratis, maka Anda harus siap dengan iklan pihak ketiga yang akan selalu tampil. Selain itu, ada resiko dari aplikasi VPN gratis yang bisa membagikan data Anda ke pihak ketiga.

Perlu diperhatikan, Adware yang terkadang muncul dapat memperlambat koneksi internet Anda atau mengarahkan Anda ke situs web berbahaya. Jadi ini bukan hanya tentang iklan yang mengganggu.

Terkontaminasi Malware

Selain adware, masalah keamanan lainnya adalah infeksi malware yang dikhawatirkan oleh banyak pengguna VPN gratis. Menurut penelitian yang sama, sejumlah layanan VPN gratis diduga terinfeksi malware seperti CrossVPN, SuperVPN, dan Betternet.

Biasanya, malware masuk melalui iklan. Iklan disini biasa digunakan oleh penyedia VPN gratis sebagai ladang menghasilkan uang, selain penghasilan dari langganan premium.

Oleh karena itu, penggunaan VPN saat mengakses layanan perbankan menggunakan internet seperti mobile banking sangat tidak dianjurkan.

3 Cara Agar Nomor Ponsel Tidak Bisa Dicari di GetContact

Tidak ingin data informasi kita dapat dilacak melalui nomor ponsel yang kita miliki melalui aplikasi Getcontact? Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini tentang cara agar...

Melacak aktivitas online

Studi yang dilakukan oleh VPNMentor melaporkan bahwa 72% VPN gratis memiliki alat pelacak untuk melacak aktivitas pengguna dan dapat membagikannya dengan pihak ketiga.

Data ini dikumpulkan dan kemudian diberikan kepada pengiklan untuk mengirimkan iklan yang ditargetkan kepada pengguna VPN gratis. Tentu akan sangat menyebalkan jika data atau kebiasaan kita dibagikan kepada orang lain yang tidak bertanggung-jawab tanpa seijin kita.

Membajak Browser

Terakhir, VPN gratis juga dapat membajak browser Anda untuk menghasilkan uang. Caranya sangat mudah, penyedia layanan VPN hanya perlu mengarahkan browser ke situs web mitra tanpa izin pengguna.

Beberapa layanan VPN pernah melakukannya dengan mengarahkan permintaan HTTP ke situs e-commerce seperti Alibaba dan eBay melalui jaringan mitranya.

Demikianlah info terkait betapa bahayanya menggunakan VPN gratis yang harus Anda ketahui. Memang menggunakan VPN adalah salah satu cara untuk membuka situs yang diblokir, namun Anda harus berhati-hati saat menggunakan VPN terutama yang gratis.

Aplikasi GetContact Untuk Melihat Nama Kontak Kita di hp Orang Lain

Aplikasi Getcontact saat ini sedang mendapatkan popularitas karena kemampuannya untuk menemukan nama Kontak Anda di ponsel orang lain. Sangat mudah untuk mengetahui cara menggunakan...

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Resmi yang Terdaftar di OJK 2022

Aplikasi pinjaman online legal harus terdaftar atau telah mendapat ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan terdaftar resmi di lembaga pengawas industri keuangan tersebut...

Cara Scan QR Code Untuk Check In & Check Out PeduliLindungi via Gojek

Aplikasi PeduliLindungi semakin banyak menunjukkan manfaatnya bagi masyarakat di Indonesia. Aplikasi Android dan iOS yang bisa di download melalui Google Play Store dan Apps...

Cara Perpanjang SIM Online Pakai Aplikasi SINAR

Aplikasi SIM Nasional Presisi atau disingkat SINAR resmi dirilis oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian RI di Jakarta, Selasa (13/4/2021) yang dilakukan sendiri oleh...